Rabu, 25 Februari 2015

Perbedaan antara digital marketing dan media sosial


Perbedaan antara pemasaran digital dan media sosial

Perbedaan antara digital marketing dan media sosial


Perbedaan antara pemasaran digital dan media sosial adalah bahwa media social merupakan bagian dari pemasaran digital. Banyak orang percaya bahwa dengan melibatkan media social mereka sudah melakukan pemasaran digital, namun hal ini tidak 100% benar karena mereka lebih banyak komponen yang membentuk kampanye pemasaran digital.

Apa yang dimaksud pemasaran digital?
 

Definisi saya tentang Digital marketing adalah: 
Membangun kesadaran dan mempromosikan merek atau produk menggunakan segala jenis saluran digital yang tersedia. 

Komponen utama dari pemasaran digital adalah:

Internet Marketing - Web, SEM (search engine marketing  termasuk SEO dan iklan pay per klik),smartphone, mobile marketer ( yaitu Google Play, Apple Store), pemasaran email (email marketing), iklan banner online dan Media Sosial.
Saluran digital  yang Non-Internet  Televisi, Radio, SMS, billboard digital (indoor dan outdoor).
Diagram di atas menunjukkan hubungan antara berbagai komponen yang membentuk pemasaran digital.

Apa yang dimaksud media sosial? 

Media sosial adalah kata terbaru di Internet Marketing beberapa tahun terakhir. Keberhasilan generasi baru platform media sosial, terutama Facebook dan Twitter, mengubah cara kita bersosialisasi, berinteraksi, toko dan juga membawa saluran baru untuk pemasaran digital juga.

Media social adalah istilah yang kita gunakan untuk menggambarkan platform yang membuat orang bersama-sama untuk bertukar informasi. Yang paling popular platform media social adalah: Facebook, Twitter, Google+, Pinterest, Tumblr, LinkedIn, StumbleUpon dan YouTube.

Beberapa statistik tentang media sosial: 

Untuk mendapatkan ide yang lebih baik mengenai dampak media sosial pada pemasaran, kita lihat 10 statistik di bawah ini: klik gambar untuk memperbesar tampilan

Perbedaan antara digital marketing dan media sosial


Apa keuntungan dari menggunakan media sosial dalam kampanye pemasaran Anda? 

Ada banyak keuntungan dari memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan baik secara online atau produk dan layanan offline.
  • Cara yang cepat untuk menyebarkan berita - Jika Anda memiliki basis penggemar yang banyak, Anda dapat tweet atau posting di Facebook, maka pesan Anda bisa langsung muncul ke ribuan pengguna di seluruh dunia. Media sosial adalah cara tercepat (bahkan lebih cepat dari TV danRadio) untuk membuat pengumuman atau menyebarkan pesan.
  • Untuk SEO - Ada lebih banyak sinyal sosial yang digunakan untuk tujuan peringkat di Google dan Bing. Profil sosial didefinisikan sangat baik dan tentu saja bisa meningkatkan SEO.
  • Trend - Media sosial itu trend. Anda tidak mungkin tidak menggunakan sosial media jika Anda ingin dekat dengan pelanggan Anda dan sinkron dengan perkembangan terbaru dalam pemasaran.
  • Salah satu cara untuk berinteraksi dengan pelanggan Anda dan cari tahu apa yang mereka inginkan – Dengan media sosial, pelanggan Anda dapat menunjukkan minat mereka seperti produk atau bagian dari konten melalui pemungutan suara (Seperti, Tweet, +1, like), komentar dan berbagi. Sebagai pemasar anda dapat menganalisis statistik ini, berbicara dengan pelanggan Anda dan mencari tahu bagaimana membuat sebuah produk, konten atau layanan menjadi yang lebih baik.
Pemasaran Digital VS Media Sosial 

Setelah membaca definisi di atas bahwa media sosial merupakan komponen utama dari Internet Marketing yang merupakan bagian dari Digital marketing. Jika kita membandingkan keduanya kita akan menemukan bahwa:
  • Pemasaran digital bukan saja hanya di Internet tapi juga bisa mencapai orang-orang di dunia off-line, Jika Menggunakan cara digital. Namun Jika menggunakan media sosial itu sangat terbatas pada batas-batasan diinternet.  
  • Sebuah kampanye pemasaran digital dapat mencakup satu atau komponen lebih (Internet Advertising, iklan Handphone, TV, SMS dll) sedangkan strategi media sosial dapat mencakup satu atau lebih media sosial platform (Facebook, twitter dll)
  • Media social sangat terkait dengan strategi konten yaitu Jika Anda membuat konten Jelas anda menggunakan media sosial untuk mempromosikannya. Sementara pemasaran digital dapat berkonsentrasi sepenuhnya pada banner (baik di Internet, TV atau billboard) untuk promosi.
Pemasaran digital yang lebih penting atau media sosial? 

Hal ini tergantung pada jenis merek, produk atau layanan yang ingin Anda promosikan. Ada kasus di mana bentuk-bentuk pemasaran digital akan lebih tepat untuk membangun kesadaran dari media sosial. Media sosial adalah suatu keharusan dari setiap produk, merek atau jasa yang memiliki khalayak luas. 

Misalnya jika Anda menjual produk software, media social dapat membantu Anda menemukan pelanggan baru, mendidik pelanggan yang ada (dengan mengirimkan tips dan trik) dan menjaga pelanggan dengan informasi tentang update terbaru, meluncurkan rilis baru dan lain-lain, Jika Anda menjual alat untuk petani Anda dapat menggunakan media social sebagai sumber daya untuk mengetahui lebih lanjut tentang produk tetapi titik penjualan utama Anda adalah iklan billboard di daerah pedesaan dan iklan Radio, ataupun banner.

Apa itu pemasaran media sosial? 

Pemasaran Sosial media adalah proses mempromosikan produk atau jasa melalui berbagai saluran media sosial. Secara umum ada dua cara untuk melakukan kampanye pemasaran media sosial. Cara pertama adalah gratis dan harus dilakukan dengan membangun followers penggemar atau koneksi dengan berbagi konten yang bermanfaat, menjalankan kontes dan  yang paling umumnya ya harus terlibat dengan pengguna Anda. 

Cara kedua adalah melalui iklan pay perklik. Anda dapat menggunakan iklan Facebook, Google Adwords atau Twitter, untuk mengiklankan produk atau jasa di Facebook, Google+ dan Twitter masing-masing.

kampanye pemasaran media sosial Apa yang bisa sukses? 

Ada kesalahpahaman bahwa lalu lintas media sosial tidak mengkonversi tetapi statistic menunjukkan sebaliknya. klik gambar untuk memperbesar tampilan

Perbedaan antara digital marketing dan media sosial


Keberhasilan atau kegagalan dari kampanye apapun tergantung pada banyak faktor termasuk pengalaman konsultan pemasaran digital, jadi pilihlah dengan bijak dan yang terbaik.

Apa yang umum meliputi kampanye pemasaran digital ? 

Komponen pemasaran digital sangat banyak, kampanye umum meliputi sebagian besar item dari keluarga Internet Marketing. Hal ini sangat umum untuk melihat kampanye promosi dengan:

Search Engine Marketing - Baik itu melalui strategi konten dan SEO atau melalui pencarian iklan berbayar (Adwords).
Promosi Sosial media - bayar iklan di Facebook, promosi di Twitter, Pinterest dan Google+.
Promosi Moblie Marketing - Buatlah aplikasi asli dan diajukan ke Google Play juga Apple Store.
Email Marketing - Promosi produk atau jasa melalui kampanye pemasaran email.

Kesimpulan 

Hal ini penting untuk mengetahui perbedaan antara teori pemasaran yang berbeda sehingga Anda dapat memilih alat yang paling tepat untuk digunakan dalam sebuah kampanye.

Pemasaran digital adalah pemasaran masa depan dan secara bertahap akan memperoleh lebih banyak tanah/ (kesempatan) di Dunia online dan offline. Media sosial di sisi lain, adalah cara baru untuk berhubungan dengan orang lain, itu adalah bagian dari pemasaran digital dan itu kesempatan cara kita mencari pelanggan baru dan mempromosikan produk-produk kita.

Perbedaan antara digital marketing dan media sosial Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aulia Aprifky